LISTRIK PRA BAYAR (LPB)

Catatan : Untuk berlangganan meteran listrik Pra Bayar, Silakah hubungi kantor pelayanan PLN terdekat di kota anda.

Cara pembelian tenaga listrik dimana pelanggan membayar di muka dengan cara ini memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mengendalikan pemakaian listrik sesuai kebutuhan

KEUNTUNGAN BAGI PELANGGAN

  • Pelanggan dengan mudah dapat memantau pemakaian listriknya setiap saat
  • Pelanggan dapat mendisiplinkan diri sendiri untuk menggunakan listrik sesuai anggaran belanja
  • Pelanggan dengan mudah dapat mengendalikan pemakaian listriknya sehingga terhindar dari pemborosan
  • Pelanggan bisa membeli TOKEN (isi ulang energi listrik) di PPOB dengan jaringan yang luas
  • Pelanggan tidak perlu repot membukakan pintu rumah karena tidak akan didatangi petugas pencatat meter
  • Tidak akan ada kesalahan pencatatan meter
  • Tidak ada istilah menunggak, sehingga tidak akan didatangi petugas penagihan
  • Privasi pelanggan tidak terganggu

TOKEN DAN STRUK

  • Listrik Pra Bayar menggunakan system “TOKEN” dan mengikuti Standard Transfer Specification (STS)
  • TOKEN adalah 20 digit angka yang unik dan berisi informasi untuk dimasukkan ke dalam kWh-Meter
  • LPB yang didapatkan oleh setiap pelanggan pada saat membeli energi listrik di delivery cahnnel PLN.
  • IDPEL (identitas pelanggan) tetap digunakan, tetapi untuk transaksi pembelian voucher/token LPB yang digunakan adalah nomor seri meter, terdiri dari 11 (sebelas) digit.
  • STRUK adalah bukti pembelian energi listrik PLN dari tiap delivery channel PLN yang berisi TOKEN

NILAI TOKEN

  • Nilai token terdiri dari unsur kWh, PPJ, PPN,dan Meterai
  • Pilihan Nilai Token tertentu (Rp.20.000,Rp.50.000,Rp.100.000,Rp.250.000, Rp.500.000)
  • Pilihan token bebas / Flexible (Rp. 20.000 s/d Rp.1 juta)

PENGGUNAAN LISTRIK PRABAYAR

LANGKAH  1
Sebelum menggunakan listrik prabayar, voucher token harus dibeli dari tempat penjualan token terdekat. Nomor serial meter harus sesuai dengan identitas pelanggan, agar token kWh dapat digunakan. Pada saat membeli token pelanggan akan mendapatkan 20 digit yang tertera di struk pembelian. Masukkan 20 digit nomor token di struk ke meter anda.
PENTING : Token hanya dapat dipakai untuk nomor seri meter tertentu dan Token hanya dapat digunakan sekali pakai.
LANGKAH 2 :
20 digit nomor token harus diinputkan ke meter melalui keypad di meter prabayar. Nomor token yang diinputkan akan terlihat di display meter. Periksa nomor yang diinputkan sama dengan nomor token. Jika salah input, gunakan tombol spasi balik (?) untuk menghapus nomor yang salah. Bila ingin mengulangi inputan nomor token, tekan tombol tanda pagar (#) ini akan menghapus semua nomor yang diinput dan anda dapat menginputkan 20 digit nomor token kembali.
LANGKAH 3 :
Setelah menginputkan 20 digit nomor token, meter prabayar akan mencheck dan jika nomor valid layar meter akan menunjukkan nilai kWh yang dibeli. Sekarang anda sudah dapat menggunakan listrik pra bayar.
LANGKAH 4 :
Ketika anda menyalakan lampu atau peralatan listrik lainnya, nilai kWh akan berkurang sesuai dengan penggunaan. Pantaulah selalu nilai kredit kWh di meter Prabayar, agar anda dapat mengatur pemakaian listrik secara hemat.
LANGKAH 5 :
Ketika sisa kWh tinggal sedikit (dibawah 20 kWh) indikator keypad akan muncul dilayar meter, indikasi dapat berupa perubahan lampu LED menjadi merah, atau muncul suara peringatan (buzzer) dari meter Prabayar. Ini pertanda token baru harus disiapkan. Jika sisa kWh habis, meter akan memadamkan listrik anda. Untuk menghidupkan kembali, anda harus input 20 digit nomor token baru.

Share on Facebook

19 Responses to “ “LISTRIK PRA BAYAR (LPB)”

  1. mujiono says:

    bagaimana cara pasang listrik prabayar? loketku banyak yang nanya

  2. admin says:

    Silahkan anda menghubungi kantor PLN terdekat.

  3. Abd.Manaf says:

    Ada LPB? wah terobosan yg cukup baik.Cuma wilayahnya? kok belum pernah dengar di Medan, atau aku nya yg telat ya.Kalau ada yg ginian kan nggak repot mesti bayar ke loket.

  4. ini dia website yang lengkap mengenai PLN, thx

  5. Ujang says:

    Ysh,
    Admin PLN
    Saya sudah pakai listrik prabayar, saya ingin :
    1. Check Saldo Pulsa listrik saya
    2. Check Besar pemakaian bulan lalu dan bulan sekarang
    klo gak salah ada kode-kode/petunjuk untuk 2 hal tsb diatas, yg disertakan pada pertama kali pasang, cuma saya lupa naruh…jadi bingung dech…gimana cara melakukan 2 hal diatas.
    terima kasih,
    salam

  6. zunaidi says:

    pasang listrik prabayar daya 7700va bisa dilayani ?

  7. mochamad Irwan says:

    sya dah isi pulsa tapi kwhnya tidak bertambah apa memang gagal pengisian pulsanya

  8. me says:

    kenapa listrik prabayar dibatasi dayanya? kalau HP tidak?

  9. bhungkos says:

    pak bener gak sekrang biaya pindah ke prabyar gratis

  10. bhungkos says:

    dan saya ingin buka loket prabyar gimana caranya

  11. edi says:

    kalau sampai mati ga diisi bagaimana menghidupkan kembali

  12. gunawan says:

    saya baru ganti pln prabayar, yang mau saya tanyakan :
    1. apa resikonya jika pulsa habis tapi tidak diisi lagi, apakah diputus atau listrik bisa hidup lagi setelah diisi lagi kapan aja.
    2. jika sudah beli token, ada gak fasilitas isi ulang melalui internet, atau isi ulang harus menggunakan meteran yang ada dirumah.
    maaf karena rumah saya jauh, trims

    3.

  13. Achmad says:

    Ada sebagian pelangganku,listriknya sampai mati dan struk yg 20 digit tdk dapat masuk ada tulisan Periksa?gimana cara mengatasinya???? terima kasih.

  14. kwh ku baru.q beli pulsanya di kounter, tapi setelah q input ke meteran gak bisa masuk…. rejeck truss. gmna nie??? masssssss

  15. Maharani says:

    Bagaimana cara cek saldo listrik ???

  16. otim says:

    bagaimana cara cek sisa pulsa di meter listrikp prabayar??

  17. Ade Manadin says:

    Trima kasih PLN, saya Pengguna dan pelanggan tempat masyarakat bertanya.

  18. abdullah says:

    kalau yang diinput no token tapi tdk bisa masuk, kemungkinan sprti pny saya tombolnya susah mencetnya harus dtekan knceng baru bisa masuk. jd harus dipastikan setiap angka sdh benar tdk ada yg terlewatkan

  19. EVAN says:

    bagaimana cara menghilangkan bunyi buzzer ?, ganggu tidur aja,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


// // //